Tugas Pert 3
Rekayasa Perangkat Lunak
Chriselia Ruth
Manurung
11182642
11.6AB.07
7 kegiatan pada Rekayasa Kebutuhan
“Sistem Pembelian Bucket Flowers Pada Manroe House”
1. Pengenalan Permasalahan (inception)
Pada
tahap ini, seluruh stakeholder melakukan komunikasi untuk membahas permasalahan
yang ada, sifat solusi, serta ruang lingkupnya. Pihak Manroe House menjabarkan permasalahan yang ada pada sistem pembelian, yaitu:
·
Masih
kurangnya informasi mengenai produk terbaru
·
Ada
beberapa pembeli yang mengeluh karena pembelian bucket flowers masih manual dan
tidak bisa mentransfer ke nomor rekening bank yang telah ditentukan
Kemudian
pihak pengembang menyatakan pendapat untuk solusi dari permasalahan tersebut
bisa diselesaikan dengan cara membangun sistem yang menguntungkan kedua belah
pihak. Berdasarkan masalah yang sudah diidentifikasi, sistem yang dibangun
berupa aplikasi dan mempunyai ruang lingkup, yaitu:
·
Sistem
ini akan memberikan laporan penjualan produk terlaris dalam bentuk gambar
·
Sistem
ini memberikan infromasi tentang produk yang up to date
·
Sistem
ini juga akan memberikan produk - produk yang sedang discount
·
Masyarakat
umum dapat melihat informasi produk
· Pembayaran bisa dilakukan secara transfer
2. Pengenalan Lanjutan (elicitation)
Selanjutnya membahas kebutuhan apa saja untuk membangun sistem tersebut. Pada tahap ini pemangku kepentingan adalah stakeholder. Dalam pembahasan yang dilakukan, sistem membutuhkan layanan agar sistem berjalan sesuai dengan yang diinginkan.
3. Elaborasi (elaboration)
Di tahap ini, pihak client akan menjelaskan gambaran bagaimana proses pembelian terjadi sesuai sistem yang dibutuhkan. Setelah itu, pihak pengembang akan memberitahu secara detail rangkaian proses pembelian pada sistem yang akan dibangun sesuai kebutuhan.
4. Negosiasi
Pada tahap ini seluruh pihak – pihak yang mempunyai pengaruh pada sistem akan saling bernegosiasi. Para stakeholder pun akan meneruskan negosiasi sampai menemukan satu kesepakatan.
5. Spesifikasi (spesification)
Dilakukan
proses dokumentasi kebutuhan pengguna dan kebutuhan sistem berupa penjelasan
dan prototype. Untuk kebutuhan pengguna terdapat kebutuhan fungsional dan non
fungsional:
·
Kebutuhan
fungsional
-
Sistem
menyediakan fitur untuk menyimpan semua data rincian pesanan
-
Sistem
menyediakan fitur kategori untuk memilih barang yang ingin dibeli
-
Sistem
menyediakan fitur backup dan restore
-
Sistem
menyediakan fitur untuk mengelola isi dari frontend
·
Kebutuhan
non fungsional
-
Sistem
operasi windows 2010
-
Frame
CodeIgniter bahasa pemrograman php
-
Menggunakan
xampp sebagai media web server, database (mysql), javascript (jquery), dan
dompdf (cetak laporan).
6. Validasi
(validation)
Pada tahap ini memastikan sistem yang dibagun sesuai dengan kesepakatan dalam perencanaan para stakeholder, jika ditemukan kekurangan dan kegagalan sistem akan diperbaiki dengan segera.
7. Manajemen Kebutuhan (requirement management)
Serangkaian
kegiatan yang membantu tim proyek untuk mengidentifikasi, mengontrol, melacak
kebutuhan – kebutuhan, dan melacak perubahan terhadap kebutuhan saat proyek
sedang berlangsung. Menganalisis masalah perubahan spesifikasi dan biaya
perubahannya.
Referensi
Slide
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 3
http://dpupr.magelangkota.go.id/assets/download/15258331320_1.pdf
https://jurnal.unikom.ac.id/_s/data/jurnal/v09-n02/02-miu-adam.pdf/pdf/02-miu-adam.pdf
Komentar
Posting Komentar