Langsung ke konten utama

Tugas Pert 3 RPL (NURI)

 

Tugas Pert 3

Rekayasa Perangkat Lunak

Chriselia Ruth Manurung

11182642

11.6AB.07

           

7 kegiatan pada Rekayasa Kebutuhan

“Sistem Pembelian Bucket Flowers Pada Manroe House”

      1. Pengenalan Permasalahan (inception)

                        Pada tahap ini, seluruh stakeholder melakukan komunikasi untuk membahas                                            permasalahan yang ada, sifat solusi, serta ruang lingkupnya. Pihak Manroe House                                    menjabarkan permasalahan yang ada pada sistem pembelian, yaitu:

·         Masih kurangnya informasi mengenai produk terbaru

·         Ada beberapa pembeli yang mengeluh karena pembelian bucket flowers masih manual dan tidak bisa mentransfer ke nomor rekening bank yang telah ditentukan

                        Kemudian pihak pengembang menyatakan pendapat untuk solusi dari permasalahan                                tersebut bisa diselesaikan dengan cara membangun sistem yang menguntungkan kedua                            belah pihak. Berdasarkan masalah yang sudah diidentifikasi, sistem yang dibangun                                berupa aplikasi dan mempunyai ruang lingkup, yaitu:

·         Sistem ini akan memberikan laporan penjualan produk terlaris dalam bentuk gambar

·         Sistem ini memberikan infromasi tentang produk yang up to date

·         Sistem ini juga akan memberikan produk - produk yang sedang discount

·         Masyarakat umum dapat melihat informasi produk

·         Pembayaran bisa dilakukan secara transfer


2. Pengenalan Lanjutan (elicitation)

      Selanjutnya membahas kebutuhan apa saja untuk membangun sistem tersebut. Pada tahap ini pemangku kepentingan adalah stakeholder. Dalam pembahasan yang dilakukan, sistem membutuhkan layanan agar sistem berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

3. Elaborasi (elaboration)

                        Di tahap ini, pihak client akan menjelaskan gambaran bagaimana proses pembelian                                terjadi sesuai sistem yang dibutuhkan. Setelah itu, pihak pengembang akan memberitahu                         secara detail rangkaian proses pembelian pada sistem yang akan dibangun sesuai                                    kebutuhan.

                  4. Negosiasi

                        Pada tahap ini seluruh pihak – pihak yang mempunyai pengaruh pada sistem akan saling                         bernegosiasi. Para stakeholder pun akan meneruskan negosiasi sampai menemukan satu                         kesepakatan.

                  5. Spesifikasi (spesification)

                        Dilakukan proses dokumentasi kebutuhan pengguna dan kebutuhan sistem berupa                                    penjelasan dan prototype. Untuk kebutuhan pengguna terdapat kebutuhan fungsional dan                         non fungsional:

·         Kebutuhan fungsional

-          Sistem menyediakan fitur untuk menyimpan semua data rincian pesanan

-          Sistem menyediakan fitur kategori untuk memilih barang yang ingin dibeli

-          Sistem menyediakan fitur backup dan restore

-          Sistem menyediakan fitur untuk mengelola isi dari frontend

·         Kebutuhan non fungsional

-          Sistem operasi windows 2010

-          Frame CodeIgniter bahasa pemrograman php

-          Menggunakan xampp sebagai media web server, database (mysql), javascript (jquery), dan dompdf (cetak laporan).

                        6. Validasi (validation)

                        Pada tahap ini memastikan sistem yang dibagun sesuai dengan kesepakatan dalam                                    perencanaan para stakeholder, jika ditemukan kekurangan dan kegagalan sistem akan                            diperbaiki dengan segera.

                   7. Manajemen Kebutuhan (requirement management)

                        Serangkaian kegiatan yang membantu tim proyek untuk mengidentifikasi, mengontrol,                            melacak kebutuhan – kebutuhan, dan melacak perubahan terhadap kebutuhan saat                                    proyek sedang berlangsung. Menganalisis masalah perubahan spesifikasi dan biaya                                perubahannya.

 

Referensi

 

Slide Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 3

http://dpupr.magelangkota.go.id/assets/download/15258331320_1.pdf

https://jurnal.unikom.ac.id/_s/data/jurnal/v09-n02/02-miu-adam.pdf/pdf/02-miu-adam.pdf

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan 15 Logika&Algoritma (Uji Kompetensi Individu)

rachmat.rap@bsi.ac.id PERTEMUAN 15 UJI KOMPETENSI INDIVIDU 1.       Diberikan Matriks A sebagai Berikut : 2 2 2 2 0 2 2 2 0 0 2 2 0 0 0 2 Perintah   pokok yang digunakan pada pengisian matriks A adalah : a.        A[I,J] = 0 jika I > J;A[I,J] = 2 jika I = J b.       A[I,J] = 0 jika I > J;A[I,J] = 2 jika I > J c.        A[I,J] = 0 jika I > J;A[I,J] = 2 jika I < J d.       A[I,J] = 0 jika I > J;A[I,J] = 2 jika I >= J e.        A[I,J] = 0 jika I > J;A[I,J] = 2 jika I <= J Jawaban : E 2.       Diberikan Matriks A sebagai Berikut : 1 2 3 4 2 2 3 4 3 3 3 4 4 4 4 4 Perintah pokok yang digunakan pada pengisian matriks A adalah : a.        A[I,J] = j jika i > j; A[I,J] = i jika i = j b.   ...

Pertemuan 12 Logika & Algoritma

Tersedia banyak koin 1, 5, 10, 25 A. Uang senilai A = 40 dapat ditukar dengan banyak cara yaitu : B. Uang senilai A = 50 dapat ditukar dengan banyak cara yaitu : C. Uang senilai A = 60 dapat ditukar dengan banyak cara yaitu : D. Uang senilai A = 25 dapat ditukar dengan banyak cara yaitu : rachmat.rap@bsi.ac.id Jawab A. 40 = 1 + 1 + .... + 1                            (40 koin)      40 = 5 + 5 + 5 + 5 + 10 + 5 + 5         (7 koin)      40 = 10 + 10 + 10 + 5 + 5                  (5 koin) Minimum : 40 = 25 + 5 + 5 + 5              (4 koin) B. 50 = 1 + 1 + .... + 1                             (50 koin)      50 = 5 + 5 + 5 + 5 + 10 + 10 + 10      (7 koin)     ...

struktur data - pertemuan 4 (semester 2)

rachmat.rap@bsi.ac.id PERTEMUAN 4 ARRAY DIMENSI 3 (THREE DIMENSION ARRAY) Digunakan untuk mengelola data dalam bentuk 3 dimensi atau 3 sisi. Deklarasi          : Type_Data Nama_Variabel [index1] [ndex2] [index3]; Misal               : int A[3][4][2]; Penggambaran secara logika : Rumus : M[m][n][p] = M[0][0][0] + {((m-1) *(jum.elemen2 * jum.elemen3)) + ((n-1)*(jum.elemen 3)) + ((p-1)}* L SOAL 1.        Suatu array A dideklarasikan sebagai berikut: Int A[2][4][3], dengan alamat awal index A[0][0][0] berada di 0011 (H) dan ukuran type data int = 2. Tentukan berapa alamat array di A[2][3][2] ? Jawab : A[2][3][2]         = 0011 (H) + {((2–1) * 4 * 3) + ((3-1) * 3) + (2-1)} * 2 = 0011 (H) + {12 + 6 + 1 } * 2 = 0011 (H) + 38 (D)   = 0011 (H) + 26 (H) = 0037 (...