Langsung ke konten utama

Resume Logika dan Algoritma Pertemuan Ke 1&2

rachmat.rap@bsi.ac.id


Resume Logika dan Algoritma Pertemuan Ke 1&2

 Logika

Pada awalnya logika diperkenalkan pertama kali oleh Aristoteles (384-322 SM).
Definisi logika antara lain sebagai berikut

  • Penalaran atau bentuk pemikiran
  • Ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan yang berlaku
  • Langkah - langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh.
  • Suatu prosedur yang merupakan urutan langkahlangkah yang berintegrasi.
  • Suatu metode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang nyata.(Webster Dictionary)

Algoritma
Sedangkan algoritma diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi. Seorang ilmuan Persia yang menulis kitab al jabr w’al muqabala (rules of restoration and reduction) sekitar tahun 825 M. Dan definisi algoritma antara lain adalah

Note: Algoritma di butuhkan untuk memerintah komputer mengambil langkah-langkah tertentu untuk menyelesaikan masalah Algoritma        Pemrograman       Program agar algoritma dapat memerintah (diproses) komputer, maka dirubah menjadi bentuk program (melalui proses pemrograman).

 Tahap Analisa Algoritma
 1. Bagaimana merencanakan algoritma Dengan Mendefinisikan masalah.
           Contoh : Permasalahan menghitung luas lingkaran, dengan data yang diketahui adalah diameter       lingkaran.
           Rumus : ∏ . r2 dengan Phi = 3.14 atau 22/7.
       2. Bagaimana menyatakan suatu algoritma (menulis algoritma)
·         - Dengan psudocode
   suatu cara penulisan algoritma agar ide dan logika dari algoritma dapat disampaikan/diekspresikan     menggunakan gaya bahasa pemrograman pemrograman tertentu.

·          - Dengan flowchart / diagram alir
         Program Flowchart yaitu bagan yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah. 

Contoh Simbol Flowchart
Related image
  
Contoh soal & jawaban algoritma

Dik: P=0  Q=5 dan R=10
Diberikan algoritma P=Q  Q=R maka nilai P,Q,R sekarang?
= P=0  Q=5  R=10
 P=Q    Q=R
Jadi P=S   Jadi Q=10
Jadi= P,Q,R = 5,10,10


Contoh permainan logika

Seseorang harus membawa seekor serigala, domba, dan sayur menyebrangi sebuah sungai. Satu – satunya perahu yang dapat ia temukan hanya dapat membawa dua (termasuk orangnya) dari antara mereka dalam sekali jalan. Tetapi ia diperintahkan untuk membawa semuanya ke sebrang dalam kondisi baik. Bagaimana hal itu dapat dilakukan ?  
Image result for Contoh permainan logika




































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan 15 Logika&Algoritma (Uji Kompetensi Individu)

rachmat.rap@bsi.ac.id PERTEMUAN 15 UJI KOMPETENSI INDIVIDU 1.       Diberikan Matriks A sebagai Berikut : 2 2 2 2 0 2 2 2 0 0 2 2 0 0 0 2 Perintah   pokok yang digunakan pada pengisian matriks A adalah : a.        A[I,J] = 0 jika I > J;A[I,J] = 2 jika I = J b.       A[I,J] = 0 jika I > J;A[I,J] = 2 jika I > J c.        A[I,J] = 0 jika I > J;A[I,J] = 2 jika I < J d.       A[I,J] = 0 jika I > J;A[I,J] = 2 jika I >= J e.        A[I,J] = 0 jika I > J;A[I,J] = 2 jika I <= J Jawaban : E 2.       Diberikan Matriks A sebagai Berikut : 1 2 3 4 2 2 3 4 3 3 3 4 4 4 4 4 Perintah pokok yang digunakan pada pengisian matriks A adalah : a.        A[I,J] = j jika i > j; A[I,J] = i jika i = j b.   ...

Pertemuan 12 Logika & Algoritma

Tersedia banyak koin 1, 5, 10, 25 A. Uang senilai A = 40 dapat ditukar dengan banyak cara yaitu : B. Uang senilai A = 50 dapat ditukar dengan banyak cara yaitu : C. Uang senilai A = 60 dapat ditukar dengan banyak cara yaitu : D. Uang senilai A = 25 dapat ditukar dengan banyak cara yaitu : rachmat.rap@bsi.ac.id Jawab A. 40 = 1 + 1 + .... + 1                            (40 koin)      40 = 5 + 5 + 5 + 5 + 10 + 5 + 5         (7 koin)      40 = 10 + 10 + 10 + 5 + 5                  (5 koin) Minimum : 40 = 25 + 5 + 5 + 5              (4 koin) B. 50 = 1 + 1 + .... + 1                             (50 koin)      50 = 5 + 5 + 5 + 5 + 10 + 10 + 10      (7 koin)     ...

struktur data - pertemuan 4 (semester 2)

rachmat.rap@bsi.ac.id PERTEMUAN 4 ARRAY DIMENSI 3 (THREE DIMENSION ARRAY) Digunakan untuk mengelola data dalam bentuk 3 dimensi atau 3 sisi. Deklarasi          : Type_Data Nama_Variabel [index1] [ndex2] [index3]; Misal               : int A[3][4][2]; Penggambaran secara logika : Rumus : M[m][n][p] = M[0][0][0] + {((m-1) *(jum.elemen2 * jum.elemen3)) + ((n-1)*(jum.elemen 3)) + ((p-1)}* L SOAL 1.        Suatu array A dideklarasikan sebagai berikut: Int A[2][4][3], dengan alamat awal index A[0][0][0] berada di 0011 (H) dan ukuran type data int = 2. Tentukan berapa alamat array di A[2][3][2] ? Jawab : A[2][3][2]         = 0011 (H) + {((2–1) * 4 * 3) + ((3-1) * 3) + (2-1)} * 2 = 0011 (H) + {12 + 6 + 1 } * 2 = 0011 (H) + 38 (D)   = 0011 (H) + 26 (H) = 0037 (...