Tugas Pert
1
Rekayasa Perangkat Lunak
1. Sebutkan contoh-contoh aplikasi (minimal 3) yang termasuk ke dalam setiap "kategori perangkat lunak" pada slide
2. Sebutkan contoh-contoh aplikasi (minimal 3) yang termasuk ke dalam setiap "jenis perangkat lunak aplikasi" pada slide
3. Sebutkan tugas/fungsi secara detail stakeholder dalam RPL pada slide
4. Jelaskan 4 kegiatan proses PL pada slide
5. Sebutkan mitos-mitos lain (minimal 3) dalam PL selain mitos-mitos yang ada di slide
1. Contoh aplikasi yang termasuk ke dalam kategori Perangkat Lunak :
·
Windows
·
Microsoft DOS (Disk Operating
System)
·
Macintos (Mac Os)
·
Linux
2. 2. Contoh yang termasuk ke dalam jenis Perangkat Lunak aplikasi :
1.
Word processing software
·
MS. Word
·
Wordpad
·
Notepad
2.
Multimedia software
·
Real player
·
Media player
3.
Presentation software
·
MS. Powerpoint
·
Keynotes
3. 3. Tugas/fungsi Stakholder dalam RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)
· User : Pemakai, pengguna terakhir atau orang-orang yang perangkat lunak.
· Customer (Client) : Orang-orang yang membutuhkan, memesan dan membeli perangkat Lunak sesuai kebutuhan nya.
· Software Developer : Orang-orang yang membangun atau mengembangkat Perangkat Lunak dengan metode tertentu sesuai dengan kebutuhan client dan memelihara Perangkat Lunak
· Development Manager : Orang-orang yang mengatur atau menjalankan organisasi dalam mengembangkan dan pemeliharaan perangkat lunak.
·
Spesifikasi Perangat lunak
Tahap
pendefinisian apa saja yang bisa dilakukan software dan scope atau batasan
pengembangannya
·
Pengembangan Perangkat lunak
Tahapan produksi
software / membuat software
·
Software validasi
Tahap pengujian
apakah software yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan user
·
Software evolusi
Tahap maintenance
atau pemeliharaan software dengan melakukan perubahan yang menyesuaikan respon
perubahan kebutuhan user
5. 5. Contoh mitos – mitos dalam RPL :
1.
Metode Waterfall adalah metode
terbaik dalam RPL 5.
(metode menyesuaikan dengan kebutuhan dan PL yang akan
dibuat)
2.
Kualitas Software dinilai dari
teknologi yang digunakan
(teknologi hanya berperan mewujudkan ide, karena
teknologi sebaik apapun jika diimplementasikan untuk ide buruk maka buruk pula
jadinya)
3.
Seorang Software Developer
harus menghafal syntax yang dibuat
(yang harus dihafal / dipahami adalah strukturnya, bagaimana
implementasinya, dsb. Karena seorang software developer profesional pun sering
lupa dengan syntax)
Komentar
Posting Komentar